Selamat Datang di

PKBM Homeschooling Sahabat Anak Terang

PKBM Homeschooling Sahabat Anak Terang adalah layanan sekolah inklusi yang terbuka melayani anak-anak jenjang SD dan SMP melalui pendekatan multisensori.  Setiap anak memiliki kurikulum individu dalam bentuk Individual Lesson Plan (ILP). Dinaungi oleh Yayasan Lentera Insan Kreatif yang berlokasi di Jl. Banda No.25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. (PKBM SAHABAT ANAK TERANG SK. Izin Operasional Nomor: 0001/IPSPNFI/VIII/2023/DPMPTSP. NPSN: P9999143).
Kami terbuka melayani baik anak tipikal maupun anak dengan kebutuhan belajar spesifik seperti Disleksia, ADHD/ADD, Gifted, dan ASD. Seluruh kurikulum berbasis pada pembelajaran yang berpusat pada anak (child-centered).  Kami memiliki keyakinan melalui pendidikan yang berpusat pada anak, dapat memberikan kesempatan untuk anak memilih, mengeksplorasi, mengelola, dan merefleksi diri setiap harinya. 

Kurikulum Individu

Kurikulum di Homeschooling Sahabat Anak Terang diterapkan dalam bentuk kurikulum individu. Artinya, setiap anak akan mendapatkan program dan kurikulumnya masing-masing, tidak ada kompetisi antar pribadi anak. Tidak ada 1 anak pun yang memiliki program yang persis sama dengan temannya yang lain. Hal ini karena setiap anak unik, memiliki potensi yang berbeda, serta memiliki kebutuhan perkembangan yang berbeda pula.
Selain itu melalui individual kurikulum, dapat menjadikan kegiatan pembelajaran lebih menarik, relevan, dan personal di hati anak, serta dapat membantu anak untuk lebih termotivasi dalam belajar – mengeluarkan potensi sehingga dapat berkembang secara optimal sebagaimana jati dirinya.

Positive Discipline in Montessori Way

Pendekatan ini mengasumsikan yang terbaik dari anak-anak, berkolaborasi dengan mereka dan memberdayakan mereka untuk mengembangkan disiplin diri dan keterampilan memecahkan masalah. Disiplin positif tidak bergantung pada hukuman seperti ancaman, isolasi, atau konsekuensi acak untuk memotivasi anak. Pendekatan ini membantu kita untuk lebih memahami dorongan dan dukungan adalah hal yang dibutuhkan anak. Diterapkan dalam lingkungan yang memiliki struktur dan ketertiban, pendamping memiliki sikap cukup tegas namun tetap baik hati. Melalui pendekatan ini berupaya memenuhi kebutuhan anak, bukan membentuk anak menjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan perkembangannya.

Jenjang Usia

SD

Sekolah Dasar

SMP

Sekolah Menengah Pertama

“The children of today will make all the discoveries of tomorrow. All the discoveries of mankind will be known to them and they will improve what has been done and make fresh discoveries. They must make all the improvements in houses, cities, communication, methods of production, etc. that are to be made. The future generation must not only know how to do what we can teach them, they must be able to go a step further. ”

Maria Montessori (The 1946 London Lectures, p. 140)

Program Sekolah Dasar

Pembelajaran Multisensori

 Pembelajaran multisensori dibangun berdasarkan konsep cara kerja otak kita, dan sering kali melibatkan berbagai indera seperti materi visual, pendengaran, atau sentuhan dalam rencana dan aktivitas pembelajaran. Dengan menggabungkan penggunaan berbagai indera, berbagai wilayah otak dirangsang, membantu anak-anak memperkuat ingatan mereka tentang cara melakukan suatu tugas. Melalui pembelajaran multisensori anak dapat mengembangkan: 

Membantu perkembangan kognitif

Mendukung perkembangan literasi

Memperkuat ketermpilan motorik

Mendorong pertumbuhan sosial-emosi

 Pengalaman pembelajaran multisensori ini diterapkan melalui kurikulum yang ada di Homeschooling Sahabat Anak Terang, yaitu Project-Based Learning, Matematika Majemuk, Laboratorium Semesta, Pengembangan Fungsi Eksekutif.

Kurikulum Sekolah Dasar

Project-Based Learning

Pembelajaran berbasis proyek (PBL) merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mengerjakan suatu proyek yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dikehidupan sehari-hari. Dibuka dengan invitasi, lalu anak-anak diajak untuk berdiskusi utntuk mencari ide mengenai bagaimana caranya memecahkan masalah yang sudah diberikan. Anak-anak lalu membuat peta konsep, untuk menulis rangkaian pembuatan proyek. Selanjutnya Anak-anak mengeksplorasi lingkungan untuk dapat memecahkan berbagai permasalahan. Setelah selesai anak mempresentasikan karyanya. 

Matematika Majemuk

Matematika majemuk adalah keragaman cara berpikir matematika untuk mendapatkan sebuah konsep. Berpikir majemuk dalam matematika membantu anak yang masih kesulitan lebih mudah memahami matematika. Meningkatkan keterampilan pada anak yang sudah siap bermatematika. Menumbuhkan antusiasme pada anak yang telah mahir matematika.

Laboratorium Semesta

Bukit Sandy menjadi lokasi  pembelajaran untuk anak berproses memahami konsep dan prinsip melalui proses intuitif hingga akhirnya sampai pada suatu kesimpulan. Proses discovery terjadi saat anak dilibatkan dalam penggunaan proses mental melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, penentuan dan inferensi.

Pengembangan Fungsi Eksekutif

Fungsi eksekutif merupakan gambaran serangkaian proses kognitif dan keterampilan mental, yang dapat membantu anak merencanakan, memantau, dan berhasil melaksanakan tujuan mereka. Kemampuan ini perlu dikembangkan, karena menjadi salah satu bekal untuk anak agar dapat menaklukan berbagai tantangan kelak.

"Homeschooling Sahabat Anak Terang percaya bahwa pendidikan anak tidak terbatas pada capaian secara akademis saja, tapi pendidikan adalah untuk mempersiapkan kehidupan anak itu sendiri."

Cerita Orang tua Murid

Program Sekolah Menengah Pertama

Pengembangan Sosial-Emosi

Pada masa ini anak mengalami periode emas ke-2, anak-anak mengalami konstruksi keseluruhan diri yang prinsip. Terjadi banyak perubahan fisik dan mental pada diri mereka. Di periode ini, kebutuhan akan pengembangan intelektualitas kurang aktif. Namun sebaliknya, mereka sangat membutuhkan kebebasan berpikir dan rekan berpetualang. Peran orang dewasa dalam periode ini adalah menjadi “teman” bagi anak-anak dan memastikan mereka berada di lingkungan yang positif.

Kurikulum Nasional

Kurikulum di homeschooling mengacu pada Kurikulum Nasional yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Melaui Kurikulum Merdeka anak bisa mendapatkan pembelajaran lebih mendalam, sesuai dengan kebutuhan individu anak, dan fokus pada penguatan karakter anak. Ini sesuai dengan visi pembelajaran di Homeschooling Sahabat Anak Terang, melalui kurikulum individu setiap anak dapat berkembang secara optimal sebagaimana jati dirinya.

Discovery-Based Learning

Discovery-Based learning adalah proses pembelajaran untuk memahami konsep dan prinsip melalui prses intuitif hingga akhirnya sampai pada suatu kesimpulan.. Proses discovery terjadi saat anak dilibatkan dalam penggunaan proses mental melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, penentuan dan inferensi.

Laboratorium Semesta

Bukit Sandy, menjadi tempat untuk anak mengeksplorasi alam. Lewat lingkungan alam, anak-anak 

Entrepreneurship and Innovation From Notice Ability (USA)

Homeschooling Sahabat Anak Terang bekerja sama dengan NoticeAbility, untuk menjadi local partner di Indonesia. Melalui kerjasama ini, Homeschooling Sahabat Anak Terang mendapatkan lisensi untuk dapat mengimplementasikan kurkulum NoticeAbility dalam bahasa Indonesia. Melaui kurikulum Entrepreneurship and Innovation ini,  Homeschooling Sahabat Anak Terang dan NoticeAbility bertekad membantu para remaja untuk menyadari potensi dirinya. NoticeAbility memiliki pandangan yang sejalan mengenai pendidikan, bahwa setiap anak itu unik, dan tiap-tiap pribadinya dapat berkembang dari kekuatan uniknya masing-masing. Itu jugalah yang tertuang dalam visi Sahabat Anak Terang: berkembang sebagaimana jati dirinya.

"Homeschooling Sahabat Anak Terang percaya bahwa pendidikan anak tidak terbatas pada capaian secara akademis saja, tapi pendidikan adalah untuk mempersiapkan kehidupan anak itu sendiri."

Cerita Orang tua Murid

Ruangan Kelas Kami